Workshop Kepemimpinan 2017

Sabtu, 26 Maret 2016 17:23 WIB

            Workshop yang dilakukan pada 16 April 2017 merupakan salah satu program kerja di dalam KSR-PMI UMM. Kegiatan workshop dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh anggota untuk menjadi peserta sekaligus menjadi panitia, khususnya untuk angkatan baru. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memulai suatu kegiatan yang lebih kompleks. Workshop kepemimpinan pada tahun ini mengambil tema “Apakah Aku Pemimpin yang Berkarakter ?” dimana program dengan tema tersebut  bertujuan untuk melahirkan bibit-bibit pemimpin yang memiliki karakter sehingga ilmu yang didapatkan dalam workshop ini tidak hanya untuk menambah pengetahuan saat itu juga, namun juga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain.

            Dalam kegiatan workshop ini di awali dengan upacara pembukaan dan lanjutkan dengan pemberian materi. Kegiatan ini di isi dengan 4 materi yaitu, administrasi kampus, kepemimpinan, teknik sidang dan simulasi sidang, dan yang terakhir adalah motivasi. Materi yang pertama sendiri disampaikan oleh Bapak Abdullah Masmuh, materi yang diberikan  adalah materi mengenai Keadministrasian Kemahasiswaan mulai dari dasar pengertian apa itu administrasi hingga bagaimana prosedur administrasi yang ada di kampus. Dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Miskari yang merupakan salah satu KALB. Bapak Miskari sendiri menyampaikan materi Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi, materi yang disampaikan berisi tentang dasar-dasar organisasi dan managejen hingga bagaimana menjadi pemimpin yang baik, serta bagaimana memanajemen atau mengkondisikan sesuatu ketika menjadi seorang pemimpin.

            Materi yang ketiga disampaikan oleh anggota KSR sendiri yaitu, Hanifah Pratiwi, Vico Akbar, dan Vivian Alfinia, materi yang disampaikan adalah Teknik Sidang dan Simulasi Sidang, dengan pembahasan mengenai jenis sidang hingga aturan sidang serta hal-hal yang berkaitan dengan sidang dan dilanjutkan dengan simulasi sidang. Materi terakhir yang merupakan materi Motivasi disampaikan oleh Bapak Endra yang juga merupakan KALB, Bapak Endra sendiri lebih menceritakan pengalaman-pengalamannya dan dikaitkan dengan kiat-kiat bergorganisasi sehingga selain berbagi pengalaman ia juga memberikan dorongan atau motivasi dalam berorganisasi bagi seluruh anggota KSR-PMI UMM. Setelah melalui beberapa rangkaian acara dan materi, kegiatan workshop kepemimpinan dengan tema “Apakah Aku Pemimpin yang Berkarakter ?” diharapkan setelah mengikuti acara ini seluruh anggota lebih menanamkan nilai pemimpin yang berkarakter di dalam diri nya sendiri.

Oleh: Rani Ayuwarningsih NIA. B. 17029-PSI

Shared: